Cari
  • Helfia

Tertidur atau Tidur Ayam Saat Bekerja Bisa Berbahaya


Tertidur sejenak dikenal juga dengan sebutan tidur ayam dan dalam istilah kedokteran disebut dengan "microsleep". Microsleep adalah tertidur sejenak atau perasaan gamang yang mungkin berlangsung hanya sepersekian detik atau sampai 30 detik dimana seseorang tidak mampu bereaksi dan menjadi tidak sadar. Hal ini terjadi ketika seseorang kehilangan kesadaran dan dilanjut dengan kembalinya kesadaran selama beberapa saat, atau ketika ada perubahan yang tiba-tiba antara keadaan bangun dan tidur. Dalam terminologi perilaku, ditunjukkan oleh mata sayu, kedipan mata yang pelan, dan kepala terjatuh. Dalam terminologi listrik, microsleep sering dikelompokkan sebagai perubahan electro encephalography (EEG) dimana aktivitas dengan gelombang 4 - 7 Hz (gelombang theta ) menggantikan irama gelombang 8 - 13 Hz (gelombang alpha).


Hal ini sering terjadi akibat kurang tidur atau selama melakukan pekerjaan yang monoton. Beberapa ahli mendefinisikan microsleep berdasarkan kriteria perilaku (kepala terjatuh, kelopak mata sayu, dll), sementara yang lainnya menggunakan tanda EED untuk menentukannya. Microsleep menjadi sangat berbahaya jika terjadi dalam keadaan yang membutuhkan kesiagaan penuh secara konstan, seperti mengendarai motor atau mobil atau bekerja dengan alat berat.


Orang yang mengalami microsleep sering tidak menyadarinya, bahkan mereka percaya bahwa mereka sadar terus sepanjang waktu atau hanya merasa kehilangan fokus sesaat saja. Oleh karena itu, jika anda akan mengendarai kendaraan bermotor atau bekerja dengan alat berat, pastikan anda sudah cukup tidur sebelumnya. Kehilangan fokus apalagi tertidur meskipun beberapa detik saja bisa berakibat fatal bagi diri anda dan orang-orang yang bersama anda.


Saya sering mengalami microsleep yang mungkin bisa membuat teman saya jengkel, yaitu jika terlibat dalam diskusi yang panjang dan kurang menarik bagi saya. Suara mereka membuat perasaan ngantuk yang sulit ditahan. Tentu saja beberapa diantara teman saya terkadang merasa tersinggung. Pernah juga seorang teman yang diolok-olok dalam kelas karena tertidur tidak terima dan protes mengapa dia saja yang disoroti sedangkan saya yang juga sering tertidur di dalam kelas kok tidak.

0 tampilan

Contact me

Contact me for any comments or queries. Let me know your websites or blogs so I can visit you and know you better. Thank you.

​© Copyright 2023 Helfia Go Online

Visit my websites

Please visit my other websites and post your thoughts in my blogs.

  • w-facebook
  • w-tbird
  • google+